5 BISNIS ONLINE MODAL 0 (NOL) RUPIAH

Mindset Academy ID – Berbicara dunia teknologi rasanya tidak akan ada matinya. Semua aktivitas bisa dilakukan dengan teknologi. Aktivitas yang dulu tidak mungkin kini menjadi mungkin bahkan berhasil. Salah satunya adalah bisnis. Dahulu, kunci dari sebuat bisnis adalah memiliki modal uang yang banyak. Tetapi perkembangan teknologi yang kian pesat, juga memunculkan peluang bisnis baru yang dapat menekan modal biaya bahkan tanpa modal uang sekalipun. Bisnis ini sering kita sebut dengan bisnis online. Seiring berkembangnya teknologi, bisnis online pun dipandang sebagai prospek yang menjanjikan. Berbagai kalangan berbondong-bondong mencoba peruntungan dengan berbisnis online. Beragam cara dan model dilakukan untuk memulai bisnis online dengan modal 0 rupiah. Ada yang menjadi reseller atau dropshiper dari suatu jenis barang yang bisa dijual secara online. Targetnyapun jelas, yaitu masyarakat atau komunitas yang lebih luas dari berbagai wilayah.

  1. Dropshipping

Dropshipping adalah metode pemenuhan ritel di mana toko tidak menyimpan produk yang dijualnya. Sebaliknya, ketika toko menjual produk menggunakan model dropshipping, ia membeli item dari pihak ketiga dan mengirimkannya langsung ke pelanggan. Akibatnya, penjual tidak harus menangani produknya secara langsung. Perbedaan terbesar antara dropshipping dan model ritel standar adalah bahwa pedagang penjual tidak menyimpan atau memiliki inventaris. Sebaliknya, penjual membeli inventaris sesuai kebutuhan dari pihak ketiga — biasanya grosir atau produsen — untuk memenuhi pesanan.

Berikut adalah beberapa alasan lain mengapa dropshipping menjadi jenis bisnis tanpa modal yang banyak diminati:

  • Dibutuhkan modal yang lebih sedikit

Mungkin keuntungan terbesar dari dropshipping adalah memungkinkan untuk meluncurkan toko e-commorse tanpa harus menginvestasikan jutaan rupiah untuk inventaris di muka. Dengan model dropshipping, penjual tidak perlu membeli produk kecuali penjual sudah melakukan penjualan dan telah dibayar oleh pelanggan. Tanpa investasi inventaris di muka yang signifikan, penjual dapat mulai mencari produk dan meluncurkan bisnis dropshipping yang sukses.

  • Mudah untuk memulai

Menjalankan bisnis e-commorse jauh lebih mudah karena tidak harus berurusan dengan produk fisik. Dengan dropshipping, penjual tidak perlu khawatir tentang:

  • Mengelola atau membayar gudang
  • Pengepakan dan pengiriman pesanan
  • Melacak inventaris untuk alasan akuntansi
  • Menangani pengembalian dan pengiriman masuk
  • Terus memesan produk dan mengelola tingkat stok
  • Biaya operasional rendah

Karena tidak harus berurusan dengan pembelian inventaris atau mengelola gudang, biaya operasional Anda cukup rendah. Faktanya, banyak toko dropshipping yang sukses dijalankan sebagai bisnis rumahan, hanya membutuhkan laptop dan beberapa biaya pendukung seperti internet. Seiring pertumbuhan, biaya ini kemungkinan besar akan meningkat tetapi masih akan rendah dibandingkan dengan bisnis batu bata dan mortir tradisional.

  • Lokasi yang fleksibel

Bisnis dropshipping dapat dijalankan dari mana saja dengan koneksi internet. Selama penjual dapat berkomunikasi dengan pemasok dan pelanggan dengan mudah, penjual dapat menjalankan dan mengelola bisnis penjual.

  • Berbagai pilihan produk untuk dijual

Karena penjual tidak perlu melakukan pembelian di muka untuk item yang dijual, penjual dapat menawarkan berbagai produk yang sedang tren kepada calon pelanggan. Jika pemasok menyediakan barang, penjual dapat mendaftarkannya untuk dijual di toko online tanpa biaya tambahan.

  • Lebih mudah untuk diuji

Dropshipping adalah metode pemenuhan yang berguna untuk meluncurkan toko baru dan untuk pemilik bisnis yang ingin menguji selera pelanggan untuk kategori produk tambahan, misalnya, aksesori atau lini produk yang sepenuhnya baru. Manfaat utama dropshipping adalah, sekali lagi, kemampuan untuk membuat daftar dan berpotensi menjual produk sebelum berkomitmen untuk membeli inventaris dalam jumlah besar.

2. Affiliate Marketing

Afiliasi pemasaran adalah salah satu cara paling populer orang menghasilkan uang secara online dan bagi beberapa orang dapat menjadi penghasilan pasif setelah didirikan. Ini adalah strategi di mana seseorang bermitra dengan bisnis (terutama situs e-commorse) untuk mendapatkan komisi dengan mengarahkan pembaca atau pengunjung ke produk atau layanan bisnis tertentu. Tapi itu sebenarnya penjelasan yang cukup sederhana. Untuk benar-benar sukses menghasilkan uang dengan pemasaran afiliasi ada sedikit lebih banyak dari itu. Dalam kasus blogging, seorang blogger akan menjadi afiliasi dari perusahaan yang dipilih melalui jaringan afiliasi atau langsung dari bisnis e-commorse, dan menghasilkan uang dari menjadi afiliasi dengan menempatkan tautan, tombol atau spanduk dalam posting blog yang akan mengarahkan pembaca produk atau layanan afiliasi tersebut. Seorang blogger dan afiliasi yang baik akan memanfaatkan sejumlah saluran pemasaran yang berbeda untuk mempromosikan konten. Salah satu afiliasi terbaik di Indonesia adalah mindsetacademy.id, disana semua orang bisa ikut 

3. Penulis Lepas

Bisnis tanpa modal selanjutnya adalah penulis lepas sering disebut juga sebagai freelance writer, pekerjaan ini membutuhkan skill menulis dan internet atau buku sebagai sumber informasi maupun sumber data pendukung. Tetapi dengan perkembangan teknologi sekarang ini, buku sudah tergantikan dengan e–book, jadi tidak ada lagi kekhawatiran kekurangan sumber informasi. Kepenulisan dalam online tentu berbeda dengan penulis dalam buku. Jika penulis buku akan mencari kebenaran untuk ditulis, sedangkan penulis lepas online biasanya menulis untuk tujuan menarik calon pembeli ataupun pengunjung. Sehingga tuisan yang dibuat harus semenarik mungkin. Tetapi tidak semua orang mampu menulis yang membuat orang tertarik, sehingga muncullah pekerjaan sebagai penulis konten. Untuk memulai karir sebagai penulis lepas, terlebih dahulu buat profil di situs web freelance populer seperti Upwork dan Freelancer dan mulailah membangun portofolio. Situs web juga penting karena orang ingin melihat tulisan si penulis lepas yang disusun di satu tempat sehingga calon pembeli dapat memahami gaya tulisan, topik yang sering diliput, dan tentu saja, kepribadian si penulis. Selain menjadi penulis yang hebat (dan editor yang baik), jika Anda benar-benar ingin unggul sebagai penulis lepas, Anda juga harus menjadi penulis yang cukup cepat.

4. Reseller

Bisnis reseller bisa menjadi pilihan bagus untuk wirausahawan pemula. Tapi seperti ide bisnis online lainnya, bisnis reseller membutuhkan banyak kesabaran dan komitmen. Bisnis reseller memungkinkan penjual menjual kembali produk yang dibeli dari produsen ke pelanggan. Model bisnis dropship reseller terjangkau, menjadikannya pilihan yang bagus untuk wirausahawan baru. Sebagai reseller, pada dasarnya adalah perantara antara produsen dan pelanggan. Anda tidak perlu membuat produk sendiri, tetapi Anda masih memiliki banyak pilihan produk untuk dipilih. Baik Anda ingin menjual kembali pakaian atau menjual kembali sepatu, Anda akan segera mengetahui bahwa Anda dapat menjual apa saja. Toko online reseller Anda dapat berkembang ke ceruk lain tanpa biaya inventaris yang mahal, biaya tambahan atau biaya pengiriman yang tinggi.

Bisnis reseller tidak memiliki inventaris barang dagangan apa pun untuk dijual kembali. Mereka hanya bertindak sebagai perantara antara produsen dan pelanggan.  Ada beberapa alasan untuk menjadi reseller. Mulai dari mencari sumber dengan mudah dari beragam pilihan produk hingga biaya bisnis yang lebih rendah, Berikut beberapa alasan mengapa reseller online diminati:

  1. Menjual Produk Reseller dalam Jumlah Ekstensif: Jika Anda menjadi reseller, Anda akan dapat menjual berbagai macam produk. Jika Anda menjual kembali pakaian, seiring pertumbuhan bisnis Anda, Anda dapat menjual kembali sepatu, perhiasan, aksesori, tas tangan, pakaian dalam, atau produk terkait lainnya. Menambahkan produk lain ke toko online reseller, Anda tidak akan menambah biaya lebih karena Anda hanya membayar barang saat pelanggan membeli dari toko Anda.
  2. Memasarkan produk Lebih Cepat: dalam memasarkan produk, reseller tidak perlu menunggu barang datang dan tersimpan di tempat reseller, reseller hanya perlu mempostingnya produknya saja melalui foto.
  3. Hampir tidak ada resiko kerugian, karena barang akan dibayar ketika pembeli sudah membayar reseller, kemudian barulah reseller memesankan produk dan mengirimkannya. Sehingga tidak ada barang yang dibeli sebelum ada yang memesan.

5. Youtuber

Apakah Anda menonton video YouTube belakangan ini? Tentu saja Anda punya! Ini adalah salah satu situs web paling populer di dunia, dengan lebih dari 2 miliar pengguna menonton ratusan juta jam video setiap hari.12 Dan tidak semua kucing melakukan hal-hal lucu, dengan cara apa pun. Anda dapat memanfaatkan jangkauan YouTube untuk menghasilkan uang secara online. Tidak, Anda tidak sedang mencoba membuat video viral, boleh dikatakan begitu, meskipun jika video itu menyebar ke seluruh dunia dan dilihat oleh jutaan orang, itu hal yang baik. Sebaliknya, Anda akan mengikuti strategi yang telah terbukti untuk memaksimalkan penayangan banyak video secara teratur. Anda akan membuat konten yang bermanfaat — sesuatu yang menarik yang ingin ditonton orang. Dan itu bekerja di banyak, banyak ceruk yang berbeda. Ini bisa berupa video panduan atau video pembicaraan tentang topik yang menarik bagi orang-orang di niche Anda — langit adalah batasnya.

Anda menghasilkan uang dengan pendapatan iklan. Langkah pertama Anda adalah membuat akun YouTube dan mulai mengupload video. Kemudian Anda mengaktifkan monetisasi di setelan YouTube Anda.13 Pada dasarnya, ini memungkinkan Google untuk menyertakan iklan AdSense pendek dalam video Anda, yang telah Anda lihat jika Anda pernah menonton video YouTube. Ketika pemirsa mengklik iklan tersebut, Anda dibayar. Peluang lain untuk menghasilkan uang dengan saluran YouTube adalah melalui sponsor berbayar. Bangun pengikut yang cukup besar dan perusahaan akan dengan senang hati membayar Anda untuk mempromosikan atau menyebutkan produk dan layanan mereka di video Anda.

Beberapa tip untuk membuat video yang terlihat profesional (tidak perlu peralatan profesional yang mahal):

  • Anda dapat menggunakan ponsel Anda atau kamera video sederhana. Tapi pastikan pencahayaannya bagus sehingga semua yang ada di video Anda jelas dan mudah dilihat.
  • Pastikan audionya jelas. Anda tidak ingin dengungan AC, kebisingan konstruksi, atau gangguan lainnya.
  • Gunakan perangkat lunak pengeditan sederhana seperti iMovie untuk meletakkan judul di awal video dan untuk mengedit flub apa pun.
  • Yang terpenting, ingatlah bahwa video Anda bisa sederhana dan tidak harus apik. Berikan saja konten yang bermanfaat dan jadilah menarik dan menarik. Lucu membantu juga.
  • Dan untuk memperluas jangkauan video Anda, pastikan untuk mempostingnya di halaman bisnis Facebook, Twitter, blog Anda, dan saluran lainnya. Beri tahu orang-orang bahwa Anda sekarang berkecimpung dalam bisnis video.
  • Selain pendapatan iklan dari video YouTube, Anda juga dapat menggunakan saluran YouTube untuk mengarahkan lalu lintas kembali ke situs web Anda, tempat pengunjung dapat membaca ulasan produk Anda, mengeklik iklan di situs web Anda, atau bahkan masuk ke daftar pelanggan email Anda — di mana Anda dapat membuat banyak penjualan dengan daftar email Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Males Ribett? Chat Admin