MINDSET ADALAH CETAKAN KESUKSESAN

MINDSET ADALAH CETAKAN KESUKSESAN

SECARA ARTI MINDSET ADALAH

Memahami arti mindset

Mindset Academy ID – Mindset adalah gabungan dari dua  kata mind dan set. Seringkali mindset kita sebut juga dengan pola pikir. Lalu apa itu mindset?

Berikut beberapa pandangan mengenai mindset dalam berbagai perspektif :

Menurut Katharina Bernecker & Veronika Job mindset diartikan sebagai kepercayaan seseorang terhadap sifat bawaannya, seperti kecerdasan dan kepribadian.

Menurut Gunawan, Adi W mindset adalah sekumpulan kepercayaan yang mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang, sehingga akhirnya akan menentukan keberhasilan seseorang.

Menurut Carol Dweck, terdapat dua pola mindset, yaitu fixed mindset dan growth mindset. Fixed mindset adalah pola pikir yang menganggap segala sesuatu bersifat tetap. Seseorang dengan pola pikir ini menganggap bahwa kecerdasan, kemampuan, semuanya bersifat tetap. Kebalikan dari Fixed Mindset, Growth Mindset adalah pola pikir yang menganggap bahwa segala sesuatu dapat dipelajari. Kemampuan, kecerdasan dapat menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

MINDSET ADALAH POLA

Selaras dengan ketiga pendapat diatas menurut Nardi Hidayat dalam Mindset Academy,

mindset adalah sebuah pola, pola yang disusun dari berbagai kepercayaan, yang akhirnya bekerja seperti halnya cetakan.

Mindset Adalah PolaSeperti halnya sebuah cetakan mindset membentuk keadaan atau situasi apapun yang masuk menjadi sebuah set action yang sesuai dengan bentuk cetakan itu. Artinya kalau cetakan itu bagus. Semestinya hasil cetakan atau actionnya akan bagus juga.

Memahami mindset sebagai sebuah cetakan atau pola adalah poin utama di kelas mindset is Everything.

CARA KERJA SEBUAH CETAKAN

Sebuah cetakan bergantung juga pada bahan awal. Cetakan mindset bergantung pada cara kita mencerna realita sebagai bahan awalnya.  Karena pada kenyataannya ada beberapa bahan juga yang tidak bisa dicetak karena terlalu keras.

Apa itu Mindset adalah cetakan

Misalnya saja, bisakah kita mencetak sesuatu berbahan dasar besi.  Jawabannya:  sulit. kenapa? karena solid. Tapi apakah karena itu besi tidak bisa dicetak. Jawabnya adalah bisa : caranya adalah dengan memprosesnya dulu, memanaskannya dengan suhu tertentu sampai cukup cair untuk bisa dicetak Besi dalam ilustrasi diatas adalah kenyataan atau realita. Memproses dan memanaskan adalah cara memandang kenyataan atau realita.

PENTINGNYA MEMAHAMI MINDSET

memahami cara kerja mindsetBerangkat dari pengertian ini, seharusnya masyarakat menyadari betul bahwa mindset itu perlu dicetak supaya pengaruhnya tepat sesuai keinginan. Lantas jika masyarakat mulai membentuk cetakan mindset, akan bermanfaat seperti apa sih bagi kehidupannya?

Manfaat mindset adalah :

  • Memiliki tujuan hidup yang jelas, karena mindset yang baik dapat mengarahkan ke hal yang baik pula
  • Mindset yang dilatih dengan baik dapat membuat hidup lebih ringan, jika mengutip dari Roy T. Bennett “Happiness depends on your mindset and attitude”dalam bukunya yang berjudul The Light in the Heart, yang berarti kebahagiaan hidupmu tergantung pola pikir dan sikapmu
  • Mindset yang baik dapat menular ke orang sekitar kita untuk menjadi mindset yang baik juga dengan kata lain kita sudah membantu satu hal baik kepada orang sekitar kita meski tidak Nampak wujudnya

MEMAHAMI APA ITU MINDSET

Mindset itu terbagi menjadi dua, yaitu Fixed Mindset dan Growth Mindset. Menurut Carol Dweck dalam bukunya  Mindset: The New Psychology of Success,

  • Fixed mindset adalah mempercayai bahwa kualitas, kemampuan dan talenta mereka bersifat pasti dan tidak dapat berubah. Orang dengan mindset ini juga percaya bahwa kesuksesan dapat diraih karena bakat yang dimiliki, sehingga melupakan arti dari sebuah upaya.
  • Sedangkan growth mindset adalah keyakinan mendasar bahwa pembelajaran dan kecerdasan dapat tumbuh seiring waktu dan pengalaman. Ketika orang-orang percaya bahwa mereka bisa menjadi lebih pintar, mereka menyadari bahwa usahanya memiliki efek pada kesuksesan. Orang dengan growth mindset percaya bahwa kemampuan dan kecerdasan dapat dikembangkan dengan upaya, pembelajaran, dan ketekunan

Definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa mindset yang tepat dalam mencapai kesuksesan adalah growth mindset. Lalu bagaimana supaya kita tetap terus menggunakan growth mindset? Yaitu dengan cara Perkuat tujuan, dan pahami bahwa setiap tujuan membutuhkan mindset yang growth.

Dengan growth mindset akan membawa seseorang mampu menyelesaikan suatu masalah bukan menghindarinya. Karena dengan masalah ini seseorang akan terlatih berpikir kritis dan analitis.

CARA MEMILIKI MINDSET YANG GROWTH

Cara memiliki mindset

Lalu bagaimana memiliki mindset yang growth? Ada caranya dan ini butuh pembiasaan; mengubah mindset menjadi growth itu cukup sulit, tetapi dengan mengambil langkah kecil, siapa pun dapat membangun growth mindset.

Mengutip dari Tchiki Davis, Ph.D. dalam tulisan “15 Ways to Build a Growth Mindset” dapat kita pelajari cara-cara memiliki growth mindset  yaitu:

1. Akui dan rangkul ketidaksempurnaan dalam diri dan orang lain,

karena bumbu inilah yang menjadikan kita individu. Kita semua memiliki kekurangan, kekhasan, dan keanehan — ketidaksempurnaan kita. Seperti tahi lalat hitam kecil di wajah Marilyn Monroe, ketidaksempurnaan kita membuat kita unik

2. Hadapi tantangan Anda dengan berani.

Jika Anda menemukan diri Anda ketakutan dalam menghadapi tantangan yang serius, berhentilah dan ulangi situasi di pikiran Anda. Anggap tantangan Anda sebagai “peluang,” sehingga sedikit menggeser perspektif Anda untuk memudahkan Anda terlibat. Setiap tantangan atau peluang mengundang kita ke pengalaman baru yang merupakan semacam petualangan.

Cobalah berbagai taktik untuk melatih diri sendiri tentang cara menjelajahi jalur baru, atau cara mengembangkan keterampilan baru, atau cara berinteraksi dengan sekelompok orang baru, atau menavigasi melalui keadaan baru.

Sebagai sebuah petualangan, ketakutan adalah perasaan yang bisa diterima. Anda tetap maju karena itu menarik dan baru.

3. Perhatikan kata-kata dan pikiran Anda.

Mulailah memperhatikan kata-kata yang Anda ucapkan, bahkan kata-kata dalam pikiran Anda. Jika kata-kata Anda rendah atau gelap, hasilnya mungkin juga. Jadi jaga dirimu. Dengarkan apa yang Anda katakan dan pikirkan. Menyensor diri sendiri dan menjadi pemandu Anda sendiri. Ganti pikiran negatif dengan yang lebih positif untuk membangun pola pikir pertumbuhan. Ganti penilaian dengan penerimaan, benci dengan belas kasih.

4. Berhenti mencari persetujuan dari orang lain.

Persetujuan dari orang lain sering dapat mencegah mindset berkembang. Kembangkan penerimaan diri dan persetujuan diri. Belajarlah untuk mempercayai diri sendiri. Anda adalah satu-satunya orang yang akan selalu ada untuk Anda dalam hidup Anda sehingga Anda adalah satu-satunya yang Anda butuhkan untuk mengesankan.

5. Growth Mindset adalah Berusaha menjadi dirimu

Berpura-pura menjadi seseorang yang bukan Anda tidak menghargai siapa Anda sebenarnya. Itu membuat Anda palsu. Itu mengurangi apa yang Anda tawarkan. Menjadi benar-benar otentik adalah proses yang membutuhkan waktu dan banyak pekerjaan batin. Setelah melakukannya, Anda mungkin akan lebih terdorong untuk mengejar tujuan sejati Anda, yang menempatkan Anda dalam mindset berkembang.

6. Menumbuhkan rasa kepemilikan tujuan.

Apakah hidup Anda terasa seperti didorong oleh tujuan? Jika ya, tentukan untuk diri Anda sendiri apa tujuan itu mencakup. Jika Anda mengosongkan, minta agar tujuan hidup Anda menjadi jelas bagi Anda. Renungkan atau renungkan “tujuan” dan lihat apa yang muncul sampai Anda merasa tahu inti dari tujuan Anda, atau mungkin bagian darinya. Lalu kejarlah — itulah yang akan membantu Anda membangun pola pikir pertumbuhan.

7. Lakukan sesuatu pada kelebihan dan kekurangan

Kita semua memiliki kelebihan dan kelemahan. Jelajahi dan hargai kekuatan Anda, dan bekerjalah untuk meningkatkan kelemahan Anda. Upaya ini dapat membantu Anda membangun pola pikir pertumbuhan.

8. Terima Kritikan

Tujuan kritik adalah membuat segalanya menjadi lebih baik. Orang lain dapat melihat apa yang Anda lakukan dari sudut pandang yang sedikit berbeda dari Anda, dan mungkin memiliki beberapa saran berharga untuk Anda. Jika Anda terbuka untuk mendengar saran, Anda dapat lebih mudah mengembangkan mindset berkembang Anda.

9. Nilai proses dari hasil akhir.

Ingat dalam menumbuhkan mindset yang penting adalah perjalanannya dan bukan semata tujuannya.

10. Belajarlah dari kesalahan orang lain.

Jika Anda bisa belajar dari kesalahan orang lain, maka Anda mungkin bisa membuat lebih sedikit kesalahan. Ini kadang-kadang dapat menenangkan ketakutan untuk mencoba hal-hal baru, aspek kunci membangun pola pikir pertumbuhan.

11. “Belum” tidak apa-apa.

Saat berjuang , ingatkan diri Anda bahwa mungkin saja anda belum menguasainya. Kata kuncinya adalah “belum.” dan apabila kita  mematuhinya, waktu dan latihan akan menghasilkan peningkatan dan suatu ketika akan jadi “Sudah”

12. Bekerja sebagai ajang latihan

Cobalah untuk tidak memandang segala sesuatunya terlalu serius. Bersedialah melakukan kesalahan di depan orang lain, karena jika Anda ingin bertumbuh, maka kejadian seperti kesalahan ini pasti akan terjadi. Dan membuat kesalahan di depan orang lain biasanya akan lebih mudah untuk  melatih diri.

13. Bersikap realistis.

Diperlukan waktu, kadang-kadang banyak waktu, untuk mempelajari keterampilan baru, seperti belajar bahasa baru atau belajar memainkan instrumen atau belajar bagaimana menjadi pengacara yang baik. Mempertahankan ini dalam pikiran dapat membantu dengan pola pikir pertumbuhan.

14. Kecepatan tidak terlalu penting apabila dihadapkan dengan mindset.

Ketika Anda memiliki mindset berkembang,  Anda sepenuhnya terlibat dan berupaya dalam proses, tidak peduli berapa lama. Kebetulan, fokus pada proses seringkali juga meningkatkan hasil, karena Anda memang melakukan banyak upaya di sepanjang jalan.

15. Milikilah sikap untuk memahami apa itu mindset yang bertumbuh

Jika Anda menghargai memiliki mindset berkembang, maka luangkan waktu dan lakukan upaya untuk mengembangkannya. Bertahan dan peluang akan datang. Kembangkan ketahanan di sepanjang jalan. Anda mengubah pikiran Anda dan itu hal yang sangat keren.

AKHIRNYA

Ini adalah dasar didalam Mindset Academy

Kami percaya 100% apabila kalian memiliki mindset yang bertumbuh maka akan meningkatkan kualitas action dan akhirnya hasil yang ingin anda kejar.

Bukankah kesuksesan itu dibangun dari berbagai hasil hebat.

Maka dari itu pastikan anda kuasai mindsetnya.

Sukses adalah akhirnya namun awalnya selalu saja adalah mindset.

Daftar sekarang untuk dapatkan

benefit luar biasa dari mindset academy

Daftar

DAFTAR

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Males Ribett? Chat Admin